Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Sistem Among Ki Hadjar Dewantara merupakan metode yang sesuai untuk pendidikan karena merupakan metode pengajaran dan pendidikan yang berdasarkan pada asih, asah, dan asuh. 

Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara?

Saya beranggapan bahwa murid harus kita didik dengan ilmu pengetahuan sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang dituntut dan dicantumkan di dalam kurikulum. Segala upaya saya sebagian besar adalah untuk mendorong dan membelajarkan murid agar dapat mencapai ketuntasan seperti yang tercantum di dalam RPP dan silabus.

Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara?

Setiap anak memiliki kodratnya masing-masing yang sudah digariskan walaupun masih samar, maka tugas kita sebagai pendidik adalah membimbing, menuntun, dan menjadi instruktur agar murid kita merdeka sehingga mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Selain itu, hal yang terpenting dalam pendidikan anak kita adalah memberikan pendidikan akhlak atau budi pekerti. 

Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran Ki Hajar Dewantara? 

Saya akan berupaya untuk membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan dapat membuat murid menjadi lebih antusias serta mau berperan aktif di dalam kegiatan pembelajaran. Bukan tentang bagaimana saya mengajar, melainkan bagaimana supaya murid bisa belajar.

Post a Comment for "Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1"